foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

STUDI BANDING SMAN 1 SUTERA 

Sabtu, 28 Desember 2019 Program Studi Pendidikan Biologi menerima kunjungan dari sekolah SMAN 1 SUTERA.Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini merupakan murid jurusan ilmu pengetahuan alam sebanyak tiga kelas. Siswa-siswi ini di dampingi langsung oleh kepala sekolah SMAN 1 SUTERA dan Wakil kepala sekolah beserta guru sekolah lainnya.

 Kegiatan kunjungan ini diawali dengan acara pembukaan yang dibawakan oleh Annika Maizeli, M.Pd sebagai MC acara. Acara pembukaan ini dihadiri oleh wakil ketua STKIP bidang kemahasiswaan alumni dan kerjasama bapak Jaruddin, MA, Ph.D beserta pimpinan program studi dan beberapa orang dosen serta tenaga kependidikan. Saat penyampaian sambutan dari ketua program studi ibu Siska Nerita, M.Pd menyebutkan bahwa Program studi Pendidikan biologi sudah memiliki bnayak prestasi yaitu akreditasi B, dosen yang sudah 100 % sertifikasi, kulsifikasi dosen yang sudah bergelar doctor dan ada yang sedang menempuh Pendidikan doctor, serta dosen yang berasal dari ilmu murni dan ilmu Pendidikan. Selain itu mahasiswa prodi Pendidikan biologi jugan sudah menorehkan prestasi ditingkat nasional berupa perwakilan olimpiade dan pekan ilmial mahasiswa nasional (PIMNAS). Selain itu juga terdapat kelompok studi berupa Biota.com dan KEZ yang dapat mewadahi kreatifitas mahasiswa prodi pendidikan Biologi. Biota merupakan kelompok studi bagi mahasiswa pecinta tumbuhan dan berpotensi untuk berwirausaha, hal ini dapat dilihat dari produk-produk kreasi mahasiswa tersebut berupa kaktus sambung, hidroponik, bonsai kelapa, dan bahkan akuarium unik. Sedangkan KEZ merupakan kelompok studi yang mewadahi mahasiswa pencinta hewan, mulai dari ikan hias hingga hewan liar seperti ular, hewan-hewan ini pun dapat mereka jadikan peluang usaha. Kelompok-kelompok studi ini dapat membantu mereka memiliki peluang usaha dan menjadi bioenterpreneur nantinya setelah lulus tanpa harus selalu menjadi guru yang profesional di sekolah.

Keunggulan program studi pendidikan Biologi telah banyak diketahui oleh masyarakat luas hal ini pun dapat dilihat dari alumni yang menjadi guru profesional, petugas lembaga pendidikan, menjadi petugas laboratorium bahkan menjadi wirausahawan muda. Hal ini lah yang membantu SMAN 1 SUTERA untuk dapt memutuskan membawa siswa-siswi mereka untuk berkunjung melakukan studi kasus dan mempelajari beberapa teori budidaya dari kelompok studi yamg telah ada, sehingga hal ini dapat membantu para murid tersebut untuk menulis karya ilmiah dan sekaligus dapat menjadikan prodi pendidikan biologi sebagai pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Pelaksanaan kegiatan dipandu oleh penanggungjawab laboratorium program studi Pendidikan biologi bapak Yosmed Hidayat, M.Si secara langsung. Sebelum kegiatan dilaksanakan dilaboratorium beliau mengenalkan laboratorium program studi pendidikan biologi memiliki laboratorium yang tertutup (in door) yaitu laboratorium dasar, zoologi, dan botani serta laboratorium terbuka (out dooor) yang diberi nama green house. Kegiatan pembelajaran hidroponik dan sambung kaktus dilaksanakan di rumah kawat “green house” yang diawali terlebih dahulu dengan penjelasan cara budidaya hidroponik dan sambung katus di laboratorium Dasar sebelum mereka melakukan praktek secara langsung di rum ah kawat, kegiatan budidaya bonsai kelapa dilakukan dilaboratorium botani dan kegiatan sambung bunga dialkasanakan di laboratorium zoologi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membagi siswa menjadi 3 kelompok dan kemudian mereka mempelajari dan melakukan praktek untuk setiap budidaya secara bergiliran.