foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Program Studi Pendidikan Biologi dibuka bersadarkan surat izin koordinator perguruan tinggi swasta wilayah I tanggal 22 Mei 1984 No. 115/SK/KOP/I/1984. Program Studi Pendidikan Biologi sudah 4 periode terakreditasi C (SK Nomor. 025/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012) dan telah mendapatkan perpanjangan izin operasional oleh Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional No. 3188/D/T/K-X/2010.Program Studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu prodi di STKIP PGRI Sumatera Barat yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan PGRI Padang Sumatera Barat tidak dapat dipisahkan dari bagian utuh perjalanan panjang pembangunan pendidikan nasional.

Program Studi Pendidikan Biologi memposisikan diri sebagai salah satu program studi yang unggul dibidang keguruan dan ilmu pendidikan biologi yang kompetitif di Sumatera tahun 2026. Program studi telah mampu merencanakan pengembangan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu dan daya saing, mengevaluasi diri untuk menyiapkan lulusan yang bermutu dan daya saing tinggi baik tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Program Studi Pendidikan Biologi sampai tahun 2014 menghasilkan sebanyak 2.345Lulusan,dan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan berasal dari beberapa provinsi di Indonesia, umumnya berasal dari Sumatera Barat dan sebagian kecil berasal dari Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, NAD, DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Mahasiswa  yang berasal dari Sumatera Barat sebahagian besar berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan, Pasaman Barat,  Pasaman Timur, Solok Selatan dan Dharmasraya. Dosen Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 33 orang, yang terdiri dari 6 orang dosen PNSD,  27 dosen tetap yayasan dan 10 orang dosen luar biasa.

Kurikulum yang berlaku di Program Studi Pendidikan Biologi terdiri dari kurikulum nasional dan kurikulum lokal. Kurikulum yang digunakan Program Studi Pendidikan Biologi saat ini adalah kurikulum perguruan tinggi (KPT) tahun 2013 dengan total sks yang ditawarkan 169 sks dan yang harus diambil mahasiswa sebanyak 148 sks, serta diberlakukan untuk angkatan 2013 dan 2014 dan kurikulum 2011 dengan total sks yang ditawarkan 161 sks yang harus diambil mahasiswa 152/153 sks, serta diberlakukan untuk angkatan 2011 dan 2012. Pengembangan kurikulum terus menerus dilakukan untuk memenuhi keinginan dan harapan stakeholder.

Program Studi Pendidikan Biologi memiliki kantor program studi, ruang dosen, ruang kuliah, 9 laboratorium. Empat laboratorium dikelola oleh program studi (Laboratorium Dasar, Botani, Zoology dan Rumah Kawat, serta 5 laboratorium dikelola oleh institusi (Laboratorium Fisika, Komputer, Toefl dan 2 laboratorium Microteaching). Pengembangan dan penyelenggaraan operasional Program Studi Pendidikan Biologi didukung oleh pendanaan dari institusi. Operasional program studi di koordinasi oleh ketua program studi dan dibantu oleh sekretaris program studi, dosen, tenaga kependidikan.

Pengembangan Program Studi Pendidikan Biologi lima tahun terakhir berpedoman pada Renstra 2008-2013. Pada kondisi saat ini Program Studi Pendidikan Biologi telah berada dalam kondisi yang kondusif yang sejalan dengan visi program studi yaitu Menjadi Program Studi yang unggul  di bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang kompetitif di Sumatera tahun 2026, masih merupakan tantangan yang harus diwujudkan, upaya untuk mewujudkan visi tersebut program studi berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan memberikan pelayanan yang baik.

Lima tahun kedepan Program Studi Pendidikan Biologi akan melakukan pengembangan yang difokuskan pada 1) bidang organisasi dan manajemen, 2) bidang pengembangan proses belajar mengajar dan kemahasiswaan, 3) bidang pengembangan penelitian dan publikasi ilmiah, 4) bidang pengabdian kepada masyarakat, 5) bidang pengembangan kerjasama institusi dan 6) bidang penunjang penyelenggaraan program studi.

 Dilihat dari substansinya, kebijakan yang dituangkan dalam Renstra 2014-2018 merupakan kelanjutan dan penguatan dari kebijakan yang telah direalisasikan pada Renstra Program Studi Pendidikan Biologi 2008-2013 dan merupakan turunan dari Renstra STKIP PGRI Sumatera Barat Tahun 2014-2018.