foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Program Studi Pendidikan Biologi secara terencana telah merumuskan sasaran secara umum dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sesuai yang tertuang di dalam Renstra Program Studi Pendidikan Biologi 2014-2018. Sasaran secara umum dan strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut:

1.     Memiliki kurikulum yang selaras dengan KKNI dan perangkat kurikulum (Silabus, RPKPS, Kontrak Kuliah dan Bahan Ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.

2.     Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

3.     Meningkatnya profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan di Program Studi Pendidikan Biologi.

4.     Meningkatnya Kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Biologi guna memenuhi kualifikasi akademik dalam menghadapi pasar kerjayang kompetitif.

5.     Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan biologi yang memenuhi standar ilmiah.

Untuk merealisasikan sasaran diatas, Program Studi Pendidikan Biologi merencanakan arah kebijakannya  sebagai berikut:

1.     Menyusun dan melakukan peninjauan kurikulum secara periodik dan terstruktur untuk menyesuaikan perkembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

2.     Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan Silabus, RPKPS, Kontrak Kuliah, Bahan Ajar dan Karya Ilmiah.

3.     Meningkatkan kemampuan dosen dengan mengikuti seminar ilmiah/lokakarya/penataran/workshop yang sesuai dengan bidang keahliannya.

4.     Meningkatkan kemampuan dosen melalui tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan Program Studi Pendidikan Biologi.

5.     Menyediakan dukungan pembiayaan dan media penulisan karya ilmiah, penelitian dan pengabdian masyarakat.

6.     Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

7.     Pengembangan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

8.     Pengembangan laboratorium microteaching yang berbasis teknologi informasi, sekolah laboratorium dan laboratorium Biologi.

9.     Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan berbagai lembaga, instansi pemerintah maupun swasta.

Berdasarkan kepada arah kebijakan pengembangan program studi ke depan, maka disusun program dan kegiatan yang meliputi enam bidang pengembangan kualitas program studi yakni: 1). bidang organisasi dan manajemen, 2). bidang pengembangan proses belajar mengajar dan kemahasiswaan, 3). bidang pengembangan penelitian dan publikasi ilmiah, 4). bidang pengabdian kepada masyarakat, 5). bidang pengembangan kerjasama institusi dan 6). bidang penunjang penyelenggaraan program studi.

Keenam bidang pengembangan program studi ke depan ini telah menjadi program dan kegiatan program studi dalam Renstra. Adapun program dan kegiatan sebagai implementasi dari strategi pencapaian tujuan dan sasaran program studi adalah sebagai berikut:

1)     Bidang Organisasi dan Manajemen

a.      Peningkatan kualitas sumberdaya manusia tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal Strata Tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen pada berbagai jenjang terutama jabatan fungsional guru besar.

b.      Peningkatan manajemen partisipatif, substantif, serta tranparansif dengan melibatkan seluruh unit, unit-unit pelaksana, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholder).

c.      Mewujudkan kelembagaan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat  yang kuat untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan proses belajar mengajar di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.

d.      Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.

e.      Melakukan pengembangan sistem penjaminan mutu dengan membentuk Gugus Kendali Mutu (GKM) di tingkat program studi.

f.       Penyusunan Standar operasional prosedur (SOP) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan proses belajar mengajar di Program Studi Pendidikan Biologi.

2)     Bidang Pengembangan Pendidikan dan Kemahasiswaan

a.           Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan mengundang Guru Besar Tamu dari luar Institusi.

b.           Rekontruksi dan pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) 2013 Program Studi Pendidikan BiologiSTKIP PGRI Sumatera Barat sebagai LPTK yang selaras denganKerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), tracer study, bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan pengintegrasian kebutuhan stakeholder pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholder.

c.           Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep Student Center Learning (SCL), belajar berdasarkan masalah  (Problem Based Learning/PBL), dan project based learning sertamelakukan up-dating bahan ajar dengan menggunakan artikel pada jurnal ilmiah internasiol, kemudahan akses bahan ajar bagi mahasiswa melalui e-library dan e-learning, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen.

d.           Meningkatkan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti; Pembimbingan Akademik (PA), Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Skripsi serta kegiatan non akademik (workshop, seminar, lokakarya, pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan civitas akademik lainnya.

e.           Peningkatan kualitas lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi, serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan di bidang pendidikan terutama Pendidikan Biologi.

f.            Pengembangan soft-skills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan di luar kampus.

3)     Bidang Pengembangan Penelitian dan Publikasi Ilmiah

a.      Peningkatan program penelitian dan publikasi ilmiah yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan di wilayah Sumatera Barat dan propinsi tetangga.

b.      Melakukan sinergi riset-riset di bawah payung penelitian pendidikan biologi sehingga lebih optimal manfaatnya bagi pengembangan  ilmu terkait.

c.      Meningkatkan relevansi penelitian pendidikan biologi terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

d.      Meningkatkan kerjasama penelitian pendidikan biologi dengan stakeholder.

e.      Meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah yang didukung oleh institusi dan yayasan serta memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal nasional terakreditasi dan internasional tereputasi dan terindek.

4)     Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

a.      Peningkatan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Progam Studi Pendidikan Biologi dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan.

b.      Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat mandiri serta melalui kerja sama dengan pemerintah propinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota serta CSR (Corporate Social Responsibility) dunia usaha.

c.      Memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran biologi di sekolah-sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarakat bertema peningkatan mutu pembelajaran biologi.

5)     Bidang Pengembangan Kerjasama Institusional

Mengembangkan kerjasama regional dan nasional dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri menuju pencapaian kualitas  institusi berstandar nasional dengan cara :

a.      Peningkatan kerjasama antara STKIP PGRI Sumatera Barat dengan LPTK perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah, terutama pemerintah daerah di Propinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan dan Propinsi Kepulauan Riau serta kawasan Regional Sumatera dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang pendidikan dan pembangunan.

b.      Melakukan kerjasama penelitian dengan baik dengan lembaga maupun institusi pendidikan lainnya.

c.      Menjalin kerjasama yang melembaga dengan berbagai instansi nasional dan internasional untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas Program Studi Pendidikan Biologi.

6)     Bidang Penunjang Penyelenggaraan Program Studi

a.      Peningkatan dan pencukupan fasilitas utama pendukung sarana dan prasarana perkuliahan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

b.      Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan, akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi.

c.      Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar.

d.      Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisiensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

e.      Perbaikan birokrasi (peraturan akademik) untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

f.       Menyiapkan fasilitas tracer study dengan komunikasi yang lebih intensif melalui internet (E-mail khusus yang dapat diakses oleh semua civitas akademika, blog program studi, sosial media dan lain-lain).

 

Tabel 2.1 Pentahapan Sasaran yang Ingin Dicapai Program Studi Pendidikan Biologi  STKIP PGRI Sumatera Barat 2015-2019

 

 Indikator Peningkatan pemerataan dan perluasan akses

Indikator Kinerja Kunci

Baseline

Target

2015

2016

2017

2018

2019

 

1.   Program Studi S2

0

0

0

0

0

1

 

2.   Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

0

0

0

0

0

1

 

3.   Jumlah Daya tampung

250

300

335

370

405

440

 

4.   Jumlah kelas kerjasama dengan pemerintah daerah/Instansi terkait

103

103

105

107

109

111

 

5.   Jumlah mahasiswa penerima beasiswa

62

75

85

95

105

115