foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Mangrove Replanting, Perilaku Kecendikiawanan Mahasiswa Biologi

Sebagai Negara kepulauan,Indonesia merupakan salah satu Negara dengan luas hutan mangrove terbesar didunia.Hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung bagi lingkungan maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.

Lihat Lebih Lengkap di  https://www.youtube.com/watch?v=rbFaBljTyck&feature=youtu.be

Data The World Atlas of Mangroves tahun 2010 menyebutkan Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove seluas 3 juta hektar atau 20% dari total luas kawasan hutan mangrove dunia yang mencapai sekitar 15 juta hektar. Hutan mangrove bermanfaat besarbagi penduduk Indonesia yang mencapai 40%-50% tinggal di daerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan. Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai.

Mengingat manfaatnya yang begitu besar, perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove.
 Himpunan mahasiswa biologi beserta mahasiswa baru pendidikan biologi tahun ajaran 2018/2019 pada Sabtu, 22 Desember 2018, turut ambil bagian dari upaya penanaman mangrove ini. Himpunanan Mahasiswa Biologi bekerja sama dengan Tabuik Diving Club yang menjadi penyedia bibit mangrove untuk ditanamkan oleh mahasiswa pendidikan biologi sumatera barat.

Kota Pariaman jadi kota pertama di Sumatra Barat yang punya taman wisata mangrove atau bakau. Taman wisata ini baru dibuka akhir Desember 2017, terletak di Pantai Apar, berjarak sekitar 100 meter dari laut. Taman wisata mangrove inilah yang menjadi pusat perhatian mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat bersama Tabuik Diving Club untuk melakukan penanaman mangrove guna kelestarian hutan Mangrove serta menambah wawasan mahasiswa terhadap hutan mangrove itu sendiri. Jenis mangrove yang ditanam berasal dari genus Rhizophora.