foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Padang, Magang merupakan salah satu komponen integratif dari keseluruhan program studi. Sifat magang adalah pertama internship yang bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dunia kerja atau realitas sosial dalam hubungannya dengan kajian teoritik di perkuliahan. Kedua, public service yaitu kemampuan mahasiswa untuk berkontribusi di dunia kerja atau realitas sosialitas berbagai kompetensi akademik yang telah didapatkannya diperkuliahan. 

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan coaching mahasiswa magang Program Studi Pendidikan Matematika. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh ketua STKIP PGRI Sumatera Barat ibu Dr. Zusmelia, M.Si.

dalam sambutannya ibu ketua berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga sikap saat berada di tempat magang. Mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan kesan positif baik terhadap diri sendiri sebagai peserta magang, program studi maupun institusi.

Kerja Praktek biologi pada mata kuliah Magang ini dilaksanakan sesuai dengan visi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat untuk menjadi program studi yang unggul dibidang keguruan, pendidikan Biologi, serta KOMPETITIF di wilayah Sumatera tahun 2026 dan untuk melaksanakan MISI program studi ke dua yaitu ‘Mengembangkan penelitian dan pengabdian dibidang pendidikan dan pengajaran Biologi serta bidang BioENTERPRENEUR, LABORAN, Peneliti Pendidikan dan PENGELOLA ORGANISASI PENDIDIKAN sesuai dengan ke Ilmuan Program studi. selain itu program magang ini juga bermanfaat untuk mempersiapkan Lulusan sarjana yang mampu bersaing di dunia kerja.

Untuk menambah bekal mahasiswa memasuki dunia kerja ini, program studi juga membekali mahasiswa calon magang dengan materi Softskil yang disampaikan oleh bapak Kurniadi Ilham, M.Si.

Peserta magang diwajibkan bekerja pada unit unit yang sesuai dengan Biologi. Selama magang peserta akan menerima dan melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh Pimpinan/pembimbing lapangan. Tugas dan pekerjaan yang diberikan hendaknya disertai oleh bimbingan dan arahan sehingga peserta magang dapat menjalankan tugas dan pekerjaan secara maksimal. Pimpinan/pembimbing lapangan diharapkan dapat mengarahkan peserta magang kepada pola berfikir yang kreatif, inisiatif, bertanggung jawab, dan tanggap atas segala permasalahan kerja yang dihadapi. Oleh karena itu, Pimpinan/pembimbing lapangan dapat menciptakan suasana yang rasional tentang situasi pekerjaan yang ditemukan dalam kegiatan sehari hari (@rk_malala).