foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Workshop Program Studi Pendidikan Biologi         

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 10 dan 11 November 2018, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat menyeleknggarakan kegiatan workshop di Ruang Sidang Gedung D lantai 2 STKIP PGRI Sumatera Barat. Tema yang diusung dalam kegiatan workshop ini adalah “Melalui Workshop Teknik Penyusunan Proposal Penelitian Terintegrasi Kita Tingkatkan Kualitas Output Penelitian Dosen untuk Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Acara dihadiri oleh 28 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi. Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. Guru Besar Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang.

 

Acara ini diawali dengan arahan dari Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, ibu Siska Nerita, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa dengan diadakannya workshop ini diharapkan dapat melahirkan penelitian-penelitian biologi murni yang terintegrasi dengan penelitian pendidikan biologi. Sesuai dengan tema kegiatan, pada acara ini Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. Selaku narasumber menyampaikan materi yang sangat menarik.

Beberapa poin penting yang disampaikan diantaranya adalah tren penelitian Pendidikan Biologi dalam beberapa tahun terakhir, seperti ruang lingkup penelitian pendidikan biologi yang sering dikaji, desain atau metode penelitian. instrumen pengumpulan data yang digunakan, sampel yang digunakan, jumlah sampel, teknik analisis data, dan materi penting lainnya adalah bagaimana teknik mengintegrasikan penelitian biologi murni ke dalam penelitian pendidikan biologi. Salah satu contohnya adalah hasil penelitian biologi murni dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa/ mahasiswa, baik modul, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), handout, dan lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, dimana banyak sekali dosen peserta workshop yang antusias mengajukan pertanyaan. Adapun hasil workshop ini adalah proposal penelitian dosen terintegrasi yang diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Biologi.