foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Kuliah Lapangan Terpadu (KLT) Program Studi Pendidikan Biologi

Di Harau Tahun 2018

 

Kuliah Lapangan Terpadu (KLT) merupakan agenda tahunan oleh Program Studi Pendidikan Biologi. Pada Kuliah Lapangan Terpadu (KLT) tahun ini diadakan di daerah Jorong Lubuak Limpato Kanagarian Tarantang Kecamatan Harau, diadakan selama 3 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 10-12 Mei 2018. Dinamakan Kuliah Lapangan Terpadu (KLT) karena bukan hanya 1 mata kuliah yang melakukan pengambilan sampel, tapi terdiri atas 5 mata kuliah wajib dan 2 mata kuliah pilihan. Jumlah peserta yang mengikuti KLT tahun ini yaitu 308 orang.

Pada hari Kamis pagi pukul 08.00 WIB semua peserta Kuliah Lapangan Terpadu (KLT) berangkat ke lokasi dan sampai pada pukul 14.00 WIB. Setelah seluruh peserta sampai dilapangan maka langsung melakukan persiapan. Pada pukul 15.00-16.00 dilakukan pengarahan dan pembagian kerja untuk beberapa mata kuliah yaitu Ekologi Hewan, Taksonomi Vertebrata, Pengelolaan Air Tawar dan Budidaya Perikanan.

                                     

 Gambar 1: Pengarahan MK Ekologi Hewan

 

 

Setelah pengarahan diberikan seluruh peserta diminta untuk bersih-bersih (mandi dan bersiap untuk sholat Magrib). Pada malam harinya yaitu pukul 20.00-21.00 dilakukan pengarahan dan pembagian kerja untuk mata kuliah yaitu Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi dan Lanjutan Zoologi Vertebrata (Hewan Malam).  Setelah pengarahan selesai seluruh peserta diminta untuk kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.

 

Gambar 2: Pengarahan MK Taksonomi Tumbuhan Tinggi

dan Morfologi Tumbuhan

Pada hari Jumat pukul 05.00 seluruh peserta KLT bersiap-siap untuk sholat subuh, senam, sarapan dan menyiapkan perlengkapan untuk menuju kelapangan. Setelah itu barulah peserta turun kelapangan untuk pengambilan sampel yang didampingi oleh Dosen dan Asisten mata kuliahnya masing-masing yaitu pada pukul 08.00-11.30. Untuk BP 2015 pengamatan yang dilakukan yaitu mata kuliah Ekologi Hewan yang dilakukan di pinggir sungai, aliran air terjun dan sekitar lokasi Kuliah Lapangan Terpadu (KLT). Untuk BP 2016 dilakukan pengamatan mata kuliah Taksonomi Vertebrata yaitu pengambilan sampel di lakukan di sekitar sungai dan untuk mata kuliah Taksonomi Tumbuhan Tinggi dan Morfologi Tumbuhan sampel diambil di sekitar hutan Harau.

 

Gambar 3: Senam Pagi

 

Gambar 4: Pengambilan sampel MK Ekologi Hewan

 

Pukul 11.30-13.30 semua peserta istirahat ketenda masing-masing dan peserta laki-laki melaksanakan sholat Jumat (Ishoma). Setelah itu peserta KLT melanjutkan kembali aktivitas yaitu membuat Herbarium dan menyiapkan laporan sementara serta mengumpulkan data yang telah didapat dilapangan.Sedangkan untuk BP 2017 melakukan wawancara ke rumah penduduk sebagai pengamatan mata kuliah Pengetahuan Lingkungan. Pada malam harinya dilakukan acara temu ramah dengan warga sekitar dan dilanjutkan dengan acara dari Hima Biologi yaitu pemilihan ketua Hima Bio dan Hiburan.

 

Gambar 5: Pembuatan Herbarium

 

 

Gambar 6: Hiburan dan Malam Penutupan

 

 

Gambar 7: Pembersihan Musholla

 

Pada hari sabtu semua peserta KLT melaksanakan aktivitas yaitu sholat subuh, senam dan sarapan. Kemudian dilanjutkan dengan gotong royong dan perilaku kecendikiawanan dalam pembersihan salah satu Musholla di Harau. Pukul 10.00 semua peserta ditugaskan untuk bersiap-siap kembali ke Padang.