Seminar Nasional Genap 2017/2018

foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

Seminar Nasional BioEdu Genap 2017/2018

 

Seminar Nasional BioEdu (SemNas BioEdu) telah dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi sejak tahun 2016, yang mengangkat isu pendidikan biologi dan sanis biologi.  Hal ini dilakukan demi mewujudkan misi Prodi Biologi dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) untuk menghasilkan inovasi di bidang pendidikan biologi dan keilmuan biologi yang dilandasi profesionalisme. Seminar Nasional Biologi (SemNas BioEdu)  yang ke-3 ini mengangkat tema “Peran Pendidikan dan Sains Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Kompetitif”.

 

Seminar yang diadakan pada hari Sabtu 7 April 2018 ini, menghadirkan tiga orang keynote speaker yang keahlian nara sumber berkaitan dengan tema yang diangkat. Adapun nara sumber yang dihadirkan yaitu Bapak Dr. Agus Rachmat, M.Si (peneliti LIPI bidang rekayasa genetika tanaman), Bapak Dr. Riandi, M.Si (Dosen UPI Bidang Inovasi pendidikan dan juga merupakan Tim Peneliti Mitra Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT) yang juga datang untuk kunjungan penelitian) dan Ibu Dr. Henny Herwina, M.Sc (Researcher dan motivator UNAND).

 

Seminar nasional ini dihadiri oleh 476 orang peserta dan 68 orang pemakalah yang berasal dari 21 perguruan tinggi/institusi di seluruh Indonesia. Acara seminar nasional ini dibuka langsung oleh Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat yaitu Ibu Dr. Hj. Zusmelia, M.Si. dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar setiap tahunnya kegiatan yang dilakukan ini terus mengadakan inovasi dan perubahan sistem yang lebih baik. Karena setiap tahunnya, kegiatan ini terus melakukan perubahan dalam sistem penerimaan dan pelaksanaan seminar. Ditahun ke-3 ini, terobosan yang terbaru yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu pemrosesan prosiding melalui Open Conference System yaitu proses penerimaan abstrak dan makalah telah dilakukan secara online. Dan bagi makalah yang lolos seleksi akan di publikasikan pada beberapa jurnal mitra Semnas yaitu jurnal Bioconcetta STKIP PGRI Sumatera Barat, Bioeducation Univ. Negeri Padang, dan Saintek Inst. Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.