foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Prodi Pendidikan Biologi adalah Prodi pertama di STKIP PGRI Sumatera Barat
foto1
Salam Lestari, Salam Konservasi
foto1
Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo
foto1
Save Our Mangrove

Login Form

No

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran

1

 

 

 

Guru Biologi Profesional

 

 

 

1)      Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogi biologi serta keilmuan biologi dalam pembelajaran biologi berdasarkan pada Standar Nasional Pendidikan sehingga menghasilkan desain pembelajaran sesuai dengan perkembangan IPTEKS, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya

2)      Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogi biologi serta keilmuan biologi dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang inovatif dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pendidikan serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorientasi pada kecakapan hidup berdasarkan.

3)      Mampu mengevaluasi proses dan hasil belajar biologi berdasarkan pada prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan sehingga menghasilkan data yang berguna untuk berbagai tujuan.

4)      Mampu mengambil keputusan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi, pemberian tindak lanjut serta pelaporannya,  berdasarkan analisis data asesmen

5)      Mampu mengambil keputusan perbaikan mutu pembelajaran biologi di kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif

6)      Mampu bertanggungjawab terhadap tugasnya sebagai guru serta menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri menjadi guru, dan berkomunikasi secara efektif, berlandaskan kode etik guru, baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat.

7)      Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai transparansi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya.

8)      Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religius, toleran, dan bertanggung jawab.

9)      Mampu berkomunikasi lisan dan tulis serta memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi.

10)   Memiliki semangat melayani dan bersaing secara sehat serta memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan (masyarakat, bangsa, dan Negara).

2

 

 

 

Pengelola Lembaga Pendidikan 

 

 

 

1)      Menguasai konsep teoritis pendidikan secara umum dan  konsep teoritis kependidikan biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi.

2)      Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya pembelajaran dengan menggunakan ilmu kependidikan biologi dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah, dan Lembaga Pendidikan dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif dan berorientasi pada life skill.

3)      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

4)      Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

5)      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

6)      Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

7)      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

8)      Mampu bekerja sama dalam tim, teman sejawat, masyarakat dan lingkungan multikultural.

9)      Memiliki jiwa dan semangat inovatif, proaktif, dan berani menanggung risiko untuk peningkatan kualitas pekerjaan.

10)   Memiliki kepribadian terbuka untuk mengembangkan jejaring.

3

 

 

 

Peneliti Bidang Pendidikan Biologi

 

1)      Mampu memecahkan masalah pembelajaran biologi melalui penelitian  sesuai dengan perkembangan  IPTEKS, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungan

2)      Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil pemecahan masalah pembelajaran biologi dalam berbagai forum formal maupun informal untuk membantu upaya peningkatan mutu pembelajaran biologi.

3)      Mampu mengambil keputusan perbaikan mutu pembelajaran biologi di kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif.

4)      Menguasai metodologi penelitian pendidikan Biologi

5)      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

6)      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

7)      Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

4

Bioentrepreneur

 

1)      Mampu menerapkan konsep biologi  dan  teknologi kependidikan dalam mengembangkan produk-produk pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran biologi.

2)      Mampu menerapkan konsep biologi dalam mengembangkan produk-produk biologi yang bernilai  komersial dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat serta membuka peluang lapangan kerja baru.

3)      Mampu menerapkan konsep biologi dalam pengelolaan limbah menjadi produk komersial dengan memanfaatkan IPTEKS untuk mendukung pengendalian lingkungan.

4)      Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

5)      Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

6)      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta memiliki sikap ilmiah dan mampu menerapkannya dalam kehidupan.

5

Laboran Biologi

 

1)      Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogi biologi serta keilmuan biologi dalam pelaksanaan praktikum pada pembelajaran biologi berdasarkan pada Standar Nasional Pendidikan sehingga menghasilkan desain praktikum dalam pembelajaran sesuai dengan perkembangan IPTEKS, perkembangan peserta didik dan karakteristik lingkungannya

2)      Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogi biologi serta keilmuan biologi dalam melaksanakan praktikum pada pembelajaran biologi yang inovatif dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik praktikum sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pendidikan serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorientasi pada kecakapan hidup.

3)      Menguasai keterampilan kerja dan manajemen laboratorium untuk Sekolah Menengah

4)      Cerdas memilah dan memilih  materi, alat, bahan dan metode praktikum sesuai kurikulum, materi pembelajaran dan sarana prasarana penunjang untuk menumbuhkan karakter peserta didik serta memodifikasi metode dan alat  menyesuaikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana.

5)      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta memiliki sikap ilmiah dan mampu menerapkannya dalam kehidupan.

6)      Mampu berkomunikani lisan dan tulis serta memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi.